Nama : Niswatun Amaro
Npm : 20207788
Kelas : 3EB05
Dosen : Renny
Tugas : Audit Pemasaran
Audit Pemasaran merupakan sejumlah cara titik mulai yang benar untuk proses perencanaan pemasaran strategis, karena melalui audit strategis sampai pada mutu suatu tolak ukur baik dari peluang dan ancaman lingkungan ataupun kemampuan pemasaran organisasi.
Menurut Kothler, Audit Pemasaran merupakan pengujian yang kompherenshif, sistematis, independent, dan periodic atau berkala dari suatu perusahaan-perusahaan atau unit usaha lingkungan pemasaran, tujuan strategis, dan aktifitas dengan maksud untuk menentukan area masalah dan peluang serta merekomondasikan suatu rencana tindakan untuk memperbaiki kinerja perusahaan.
Apabila digabungkan, kedua definisi diatas menyoroti 3 unsur pokok dan manfaat potensial dari audit pemasaran yaitu :
1. Analisis mengenai lingkungan eksternal dan situasi internal
2. Penelitian kinerja masa lalu dan aktifitas-aktifitas sekarang, dan
3. Identifikasi peluang dn ancaman yang akan datang
Setiap Perusahaan yang melakukan Audit akan menghadapi dua variable, yaitu :
1. Terdapat variabel yang perusahaan tidak mempunyai pengendalian langsung. Varibel tersebut bisanya dalam bentuk apa yang dapat dilukiskan sebagai variabel lingkungan, pasar dan kompetitif
2. Terdapat variabel yang mempunyai pengendalian penuh
Variabel tersebut dapat kita namakan sebagai variabel operasional. Hal tersebut member kita petunjuk, yaitu bagaimana kita dapat menstruktur suatu audit. Hal ini akan diuraikan dalam dua bagian, yaitu :
1. Audit eksternal (Eksternal Audit)
2. Audit Internal ( Internal Audit )
Menurut Richard M.S. Wilson, dkk, struktur audit pemasaran terdiri dari 3 langkah diagnostic utama yang rinci, yang termasuk penelahan dari :
1. Lingkungan Organisasi (Pelung dan Ancaman)
2. Sistem Pemasaran (Kekuatan dan Kelemahan)
3. Aktivitas PemasaraN
Sumber :
MODUL LABORATORIUM AKUNTANSI LANJUT A, UNIVERSITAS GUNADARMA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar